Indikator
  • Undercontruction
Gunung Agung Siaga

Gubenur Bali Perintahkan OPD Piket di Posko Pengungsian

Home / Peristiwa / Gubenur Bali Perintahkan OPD Piket di Posko Pengungsian
Gubenur Bali Perintahkan OPD Piket di Posko Pengungsian Gubernur Made Mangku Pastika kembali mengumpulkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (25/09/2017). ( Foto: Istimewa)

SABANGTIMES, DENPASAR – Gubernur Made Mangku Pastika kembali mengumpulkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (25/09/2017) untuk membahas penanggulangan bencana Gunung Agung. 

Pastika memerintahkan, agar Pimpinan OPD all out dalam penanganan siaga Gunung Agung dan setiap saat siap dihubungi untuk koordinasi. 

Selain itu, dalam situasi siaga darurat, ia mengingatkan agar jajarannya sebisa mungkin menghindari bepergian ke luar daerah. “Kecuali untuk urusan yang sangat urgent,”ucapnya

Pastika meminta ada staf untuk piket di posko pengungsian. “Karena titiknya sangat banyak yaitu mencapai 240 lokasi, prioritaskan pada posko pengungsian yang besar. Segera lakukan inventarisir dan bagi staf,” ujarnya. 

Menurut Pastika, ASN yang piket di posko pengungsian nantinya akan ditugaskan sebagai LO (Liaison officer)atau petugas penghubung. Mereka diharapkan ikut mencatat bantuan yang masuk, menginventarisir kebutuhan pengungsi dan berkoordinasi dengan posko induk di Tanah Ampo. 

Pastika juga menyinggung keberadaan posko liar yang tiba-tiba muncul di beberapa titik. Dia menginstruksikan Satpol PP untuk segera menertibkan. Sebab jika dibiarkan, hal tersebut akan menyulitkan koordinasi dan pendistribusian bantuan. 

Selain keberadaan posko liar, orang nomor satu ini juga menyoroti penggalangan dana bantuan Gunung Agung yang dilakukan di jalan-jalan. Ia mengapresiasi semangat masyarakat untuk membantu saudara mereka yang mengalami musibah. 

“Bukannya melarang untuk menyumbang, tapi kalau memang ada komunitas ingin menyumbang, silahkan langsung ke Posko agar pertanggungjawabannya jelas," jelasnya

Guna memperjelas pembagian tugas OPD, Pastika juga mengeluarkan  SK Tim Pendampingan dan Penanggulangan Bencana Gunung Agung yang diketuai Sekda Cokorda Ngurah Pemayun. 

“Di sana sudah jelas pembagian tugasnya yang dikoordinir Pak Sekda,” tegasnya, seraya meminta agar tugas ini jangan dianggap sebagai beban tapi kesempatan untuk berbuat baik.(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com